Tuesday 13 February 2024

6 Cara Memilih Sarung Tangan Motor yang Tepat

pelindung-tanganCara memilih sarung tangan motor tidak kalah penting dengan saat memilih helm atau perlengkapan berkendara lainnya. Selain berguna untuk melindungi kulit tangan dari panas maupun dingin, dengan cara memilih sarung tangan motor yang tepat akan mengurangi cedera yang bisa dialami tangan akibat kecelakaan.

Bahkan, karena begitu pentingnya fungsi dari sarung tangan untuk berkendara, berbagai model sarung tangan banyak ditawarkan di pasaran. Mulai dari model yang digunakan untuk motor sport hingga sarung tangan yang digunakan untuk berkendara harian. Bahan dan fitur dari sarung tangan tersebut juga beragam.

Sarung tangan dengan model half biasanya cocok untuk harian. Sarung tangan model half tidak melindungi bagian jari-jari, melainkan hanya bagian telapak dan punggun tangan. Sarung tangan dengan model half tersebut sangat berbahaya apabila digunakan dalam kecepatan tinggi, sebab cedera yang ditimbulkan bisa sangat berbahaya, terutama untuk bagian tangan yang tidak terlindungi.

Sedangkan sarung tangan dengan model full akan melindungi jari-jari keseluruhan dan tentunya mecegah jari tangan luka akibat tergesek aspal saat terjadinya kecelakaan. Tapi yang perlu diperhatikan adalah tidak hanya faktor model saja, namun ada juga faktor lain seperti fitur atau bahan dari sarung tangan yang digunakan.

Untuk membahas lebih dalam mengenai bagaimana cara memilih sarung tangan motor yang tepat, di bawah ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai referensi saat Anda akan memilih sarung tangan untuk berkendara, Kamis (20/8/2020).

1. Pilih model sarung tangan yang tepat


Cara memilih sarung tangan motor yang pertama dimulai dari memilih mana model sarung tangan yang akan digunakan. Sempat dibahas di awal tadi, apabila terdapat dua model sarung tangan motor yang umum dipasarkan, yaitu model full dan half.

Sebenarnya, untuk masalah pemilihan model sarung tangan tersebut bisa sesuai selera Anda, namun yang perlu diingat Anda harus menyesuaikan dengan motor yang akan dikendarai. Memang, sarung tangan model half akan terasa tidak gerah ketika digunakan, beda halnya dengan model full yang akan membuat tangan cepat berkeringat saat digunakan dalam waktu lama.

Tapi, keunggulan dari sarung tangan model full adalah bisa melindungi tangan Anda lebih baik. Hal ini sangat penting apabila Anda mengendarai motor berjenis sport atau motor dengan kapastias mesin besar. Tentu tidak ada yang ingin celaka di jalan, namun setidaknya Anda bisa menekan risiko cedera apabila menggunakan jenis sarung tangan full.

2. Perhatikan fitur perlindungan ekstra

Saat ini, banyak sarung tangan motor yang sudah dilengkapi dengan perlindungan tambahan baik di bagian punggung tangan atau bagian telapak. Hal ini akan memberi keuntungan lain ketika terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya mencegah keretakan tulang tangan akibat benturan keras ke aspal. Selain itu, bagi adanya padding di bagian telapak tangan akan meningkatkan kenyamanan ketika tangan harus menggenggam gas berjam-jam, serta mencegah tangan mendapat getaran berlebihan. Itulah mengapa, pastikan jika sarung tangan memiliki perlindungan tambahan.

3. Pilih bahan yang kuat dan nyaman digunakan


Selain memperhatikan kedua cara memilih sarung tangan motor di atas, Anda juga perlu memilih jenis bahan sarung tangan yang kuat dan juga nyaman digunakan. Biasanya bahan sarung tangan motor terbuat dari kulit, gore-tex, hingga neoprene.

Memang, tiap bahan yang digunakan memiliki masing-masing kelebihan. Apabila Anda menggunakan bahan sarung tangan kulit, maka jenis sarung tangan tersebut sangat nyaman digunakan karena memiliki kelenturan yang baik, mampu menahan gesekan, serta sangat awet.

Akan tetapi, bahan kulit memiliki kekurangan yaitu mudah membuat tangan menjadi gerah ketika digunakan berkendara di musim panas. Beda halnya dengan kain gore-tex yang lebih anti air serta neoprene yang mampu menjaga tangan tetap hangat. Yang terpenting, pastikan sarung tangan nyaman ketika Anda gunakan.

4. Cek kualitas pembuatan

Hal ini sangat penting untuk Anda pahami. Sebab, kualitas pembuatan sarung tangan yang kurang baik justru tidak efektif melindungi tangan ketika dikenakan. Anda bisa melihat material yang digunakan, apakah benar-benar kuat dan berkualits. Selain itu, Anda bisa melihat jahitan dan beberapa bagian sambungan di sarung tangan.

5. Pilih ukuran yang pas

Mungkin cara memilih sarung tangan motor ini sama halnya ketika akan memilih helm atau perlengkaoan berkendara lainnya. Memang, memilih sarung tangan diperlukan kehati-hatian terutama pada segi ukuran.

Supaya Anda nyaman ketika menggunakan sarung tangan dalam waktu lama, ada baiknya Anda memilih sarung tangan motor yang sesuai dengan ukuran tangan. Akan tetapi, pas tidaknya ukuran sarung tangan tergantung dengan bahan sarung tangan yang digunakan. Anda harus memastikan jika ujung jari tidak terlalu tertekan saat posisi tangan sedang mengepal. Sebab hal tersebut akan mengganggu gerakan saat Anda menggenggam gas.

No comments:

Post a Comment

Pelindung Tangan: Perlindungan Penting dalam Berbagai Kegiatan

pelindung-tangan  -  Dalam berbagai kegiatan sehari-hari, baik di rumah maupun di tempat kerja, tangan kita sering kali terpapar berbagai ri...